Rumah Bambu... Sejuk euy...






Bismillahirrahamanirrahim....

"Rumah Bambu" merupakan suatu nama yang baru aja kemaren di sepakati antara saya dan teman saya , untuk menjadikan suatu jalan menuju kehidupan yang lebih baik lagi....
Namun ada yang menarik dari rumah bambu ini, ternyata Siti Khadijah as pun akan dibangunkan sebuah rumah terbuat dari bambu (qosob) di surga, demikian janji Allah seperti tertera dalam suatu hadist.. Subhanallah..

Rasa penasaran saya akan keutamaan rumah bambu ini makin menggelora, setelah tak utak atik di google, akhirnya lagi lagi saya dibuat takjub, menurut pak jatnika dari yayasan Bambu Indonesia, ternyata bambu sangat layak dijadikan bahan bangunan utama untuk rumah tinggal, rumah kebun, gazebo, musholla, masjid dll. karena Bambu memiliki elastisitas tinggi, tidak mudah patah sehingga dalam kondisi gempa dengan guncangan tinggi rumah bambu mempunyai resiko terrendah untuk roboh/rusak.

Mengenai ketahanannya, jangan khawatir, bambu bisa tahan lebih dari 20 tahun… asal penanganannya benar. Mulai dari waktu penebangan bambu, proses pengawetan, waktu mulai membangun rumah, struktur bangunan, penempatan batang bambu pangkal - ujung - pangkal - ujung dalam konstruksi agar sirkulasi udara mengalir lancar .

Sirkulasi udara yang mengalir lancar di dalam batang bambu, membuat rumah bambu terasa sejuk saat siang hari karena masih menyimpan udara malam. Terasa nyaman dan hangat pada malam hari, karena masih menyimpan udara siang..

Diperlakukan dengan benar, bambu menguatkan zikir penghuni rumahnya ke langit…. karena sifatnya yang mampu beresonansi.

Dia beresonansi mengalunkan nada indah alam ini. Oleh karena itu dia juga dijadikan alat musik angklung, calung, kolintang (perhatikan bunyi ng di akhir nama alat musik dari bambu, didapat dari sifatnya yang ikut mendengung..)

Senar kecapi yang berumah dari bambu, lebih bergaung bunyinya daripada kecapi berumah kayu…. sudah pernah dengar belum? Subhanallah…

Tidak sekedar nyaman dan sehat untuk dihuni, rumah bambu menampilkan kekhasan arsitektur tropis yang indah dan berbudaya.

Subhanallah...setelah membaca semua kelebihan dari rumah Bambu tersebut, saya jadi mempunyai keinginan untuk segera membuat rumah bambu, smoga Allah meridhoi dan memberikan yang terbaik buat hamba nya yang dhoif ini...Aminn, bagaimana dengan anda, tertarik juga kah...?

 

2 komentar:

MISS BORNEO mengatakan...

ceh ceh ceh...amien. semoga tercapai yah!!!
emang asyik kok, back to nature.. jadi mau juga. at least, hidup di tempat yang penuh dengan rimbun pohon juga tak papelah, walau bukan rumah bambu. heehehehehehe.....

B!nT@nG mengatakan...

Subhanallah...semangat bang...Hidup RUMAH BAMBU (*)